Nongkojajar - Penanjakan - Gunung Bromo

Update  penting 2015 : Baca bagian bawah tulisan yg baru ditambahkan
Sebenarnya kami sudah beberapa kali ke Bromo, tapi baru kali ini bisa menampilkan rute utk para tamu yg berkunjung kemari.Oh ya , ini adalah rute menuju Bromo dari Malang via Sepeda motor atau kendaraan pribadi lainnya.
Jadi rute awal : Malang (mis:Arjosari) - Lawang - Purwosari (Sebelum kebun raya Purwodadi) -Nongkojajar
Yang dibutuhkan ;
- Kendaraan pribadi, mis: MOTOR. Pastikan cek kendaraan dlm kondisi prima dan kelengkapan
- Jaket Tebal + Jas Hujan
- Kamera, plus batere
- Kondisi tubuh yg oke , hehe

Jika dari Malang, setelah  Lawang -Bakpao Telo - sebelum kebun raya purwodadi, ada pertigaan segera belok kanan.
Diatas ada papan nama Nongkojajar

Ini merupakan pintu masuk Nongkojajar. Segera Ambil jalan lurus dan temukan pemandangan yang menyegarkan disekitar jalan.
Agar yakin ga salah jalan, pastikan viewnya yg anda dapati spt dibawah ini;


 Hingga memasuki Tutur, harap toleh kanan kiri, di daerah sini adalah tempat penghasil durian lokal.
Jika pas kebetulan mampir mas musim durian, lumayan meriah dan murah harganya.
Lapak dadakan biasanya muncul dipinggir jalan.

Papan penunjuk  Menuju Bromo. Silahkan ikuti papan ini jika bingung, ok 



Setelah pertigaan ambil jalan yg ditunjuk papan

 Dan segera memasuki NONGKOJAJAR. Hawanya suejuk, bersih, nyaman, tentrem sodara-sodara, hehehe.

 Ambil lurus terus sampai ketemu pasar, jgn belok2 ikuti aja jalannya lurus rus rus....
Pasarnya deket masjid, ok


 Setelah pasar, ketemu lagi perbukitan hijau nan elok.
Jalan mulai menanjak, jadi lambat2 asal selamat.

Sampailah ditempat kita bisa beristirahat sejenak melepas penat, membasuk muka dan menikmati kesejukan alam.




 Bersiap lagi, mendaki bukit, menuruni lembah, menyusuri dusun- dusun dgn kesejukan alam.


 Maha Besar TUHAN dengan ciptaannya. Saat melihat pemandangan yg terhampar membuat hati jadi trenyuh penuh syukur dan ketakjuban.
Hilang semua stres, dan kejenuhan dari kota besar.




 Memasuki TOSARI (tmpt syuting PUNK In LOVE kah??) segera penuhi perbekalan anda.
Bensin,air minum,batre,bakso, kopi dan lainnya bisa didapatkan disini. Drpda nanti di puncak kekurangan perbekalan,dan jauh2 turun lagi.


 Dari foto diatas, ambil yg sebelah kiri ya untuk menuju Penanjakan.
Dan inilah view dari Penanjakan, Lautan Pasir, dan Bromo.
Untuk info, jika memutuskan melewati pasir, pastikan kondisi motor bener2 oke, rem , akselerasi, maupun kemampuan menaiki tanjakan .
Atau anda bisa menyewa jip/taft kebo , harga nego aja :)








SELAMAT MENIKMATI

Update 2015 PENTING!
Kabar terbaru bahwa saat ini jalur ke bromo via Pasrepan -Puspo- Tosari kab. Pasuruan saat ini rawan begal. Kabar terakhir ada dua remaja dibegal motornya  oleh sekelompok orang saat jam 1 malam. Seorang loper koran jg menjadi korban.
Oleh karena itu disarankan bagi yg berangkat sebelum subuh lewat jalur pasrepan utk minimal bersama beberapa rekan atau menunggu barengan. Siapkan selalu utk berjaga2 karena jalur pasrepan melewati puspo jauh lebih sepi dibanding lewat nongkojajar.
Pasrepan dan nongkojajar adalah dua jalur yg berbeda, baru ketemu di pertigaan tosari dekat penanjakan.
Jaga diri selalu, semoga selamat sampai tujuan. 

79 comments:

  1. untuk masuk bromo harus bayar gak?

    ReplyDelete
  2. kalau mau ke bromo yg bener2 via malang ya lewat ngadas poncokusumo sam.bukan lewat pasuruan :D
    lebih bagus tracknya kalo menurut saya..haha

    ReplyDelete
  3. luar biasa..... petunjuk & cerita nya gak cuma pake' kata2, tapi plus foto jalannya.
    tahun dpn Insya Allah my trip to batu, kota malang 'n bromo, karo anak bojo.
    Mohon petunjuknya nanti, tks. Salam kenal adhiwhy - Tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. referensi brsma BiNas Tour Malang, tersedia paket family tour +room hotel, reservati & booking : 08563540038, wahyu email: wahyulcs@yahoo.com / bintangnasional27@yahoo.co.id,

      Delete
    2. Sewa jeep bayar brapa ya ??

      Delete
    3. hari biasa 400rb an... Hari libur besar 550rb an

      Delete
    4. Referensi brsma BiNas Tour Malang, Tersedia paket family tour + room hotel, reservati & booking : 0821-1087-0384, email: wahyulcs@yahoo.com / bintangnasional27@yahoo.co.id

      Delete
  4. menarik cerita perjalanannya dan photonya. salam kenal
    Archie - www.pbase.com/archiaston

    ReplyDelete
  5. salam kenal mas,foto-fotonya kereeen bikin ngiler :p rencana bulan nov mau ke bromo naik motor dari malang.
    nah mo tny nih, sebelum lautan pasir ada tempat parkir aman untuk sepeda motor ngga ?
    matur nuwun,
    ika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, di penanjakan, tp kalo kelautan pasir mending sekaian bawa turun aja motornya, diparkir deket pura :

      Delete
    2. Salam kenal kak. Mau tanya. Kalo naik mototrx supra 2002 di pake boncengan, kira2 kuat ga ya ???

      Delete
    3. kuat, pelan2 saja gpp..kalo pas nanjak ga kuat, dituntun aja dulu :)

      Delete
  6. hwaaaa jadi kepengen pulaaaangggg.... keren cyiiinnn...

    ReplyDelete
  7. mas rencana 7 februari saya mw ke bromo lewat jalur selatan (saya dari jogja) kira2 kalau pakai mobil jalannya susah gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mobil biasa kemungkinan kuat menuju penanjakan, tp pastikan dulu performa mobil benar2 top :)

      Delete
  8. rute yang lebih menantang sebenarnya jika lewat ngadas poncokusumo sam, osi tail bukit teletubies,....keren-keren fotoe sampean sam.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Mohon diralat mas..dr malang ke nongkojajar itu belok kanan di pertigaannya..

    ReplyDelete
  11. Thanks infonya, jelas sekali dan cukup detail. Aku dan istri ada rencana ke bromo pake motor nih dari Malang, pasnya berangkat pagi/siang/sore/malam yaa atau kira2 jam brapa? Mohon pencerahannya ker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, kalo ingin melohat sunrise, berangkat jam 3an pagi, berangkat subuh jg gpp, cm waspada jika kabut :)

      Delete
  12. BROMO TANJUNG PONDOK TANI (HOMESTAY)
    Dalam rangka Memperkenalkan “Kawasan Tengger-Bromo" dari segala aspek, Kami buka Pondok Tani (Cottage) Tanjung - Tosari untuk umum
    # hub per sms/tlp: *081385458993-081553258296(Dudy).* - *081249244733-085608326673(Elie)*
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian
    * rute: pasuruan-warungdowo-ranggeh-pasrepan-puspo-tanjung KM 95 pos jaga doreng turun.(Tanjung Pondok Tani) -> (Baledono-Tosari)<-
    =Menuju Bromo melalui pintu gerbang: >Pasuruan-Tosari-Wonokitri<
    HARGA KAMAR :
    @.kamar los + 2 km mandi luar, kapst: 9 s/d 16 orang. Rp.350.000,-/malam.
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 4 s/d 6 orang. Rp.250.000,- /malam.
    @ fasilitas:.Kamar mandi air panas,.dapur,.kulkas,.ruang makan,.teras serba guna (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Sam,ada hotel kah di sblm pananjakan
    Yang lewat rute sampeyan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hotel tidak ada sptnya mas, cm losmen kecil dari penduduk sekitar

      Delete
  15. nanya juga dong mas.
    klo mau dari malang naik motor, trus lanjutin naik jeep sebelum sunrise, nginapnya dimana ya?
    jadi naik motornya cuma dr malang sampai tmpt start jeep aja gitu.
    trus klo baliknya mau mampir ke air terjun madakaripura lewat mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menginap di sekitar losmen atau rumah penduduk sekitar, sedang utk madakaripura dari penanjakan turun dulu ke lautan pasir, terus smp ketemu jalan naik ke jalur cemoro lawang ,di cemoro lawang byk hotel, begitu kira2

      Delete
  16. salam kenal,,,perlu info nih..
    klo mobil pribadi, dari malang menuju penanjakan lalu ke cemoro lawang boleh lewat ga ? soale menurut info mobil pribadai dilarang masuk ke penanjakan dan ke lautan pasir bromo, apa iya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa sepertinya skrg , mesti sewa jip om

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Mas bro saya rencana hari minggu besok mau ke bromo lewat jalur situ pakai motor boncengan berdua aja...
    Apakah aman jalurnya jika dilewati jam 3 pagi??maksudnya aman dari kejahatan
    Terus bisakah motor turun ke padang pasirnya?? Adakah jalannya??

    ReplyDelete
  19. Mas bro saya rencana hari minggu besok mau ke bromo...naik motor cuma berdua
    Apakah aman lewat jalur itu pada jam 3 pagi?? Maksudnya aman dari kejahatan...
    Terus bisa kah motor lewat jalur situ terus turun ke pura atau lautan pasir pakai motor??ada kah jalannya??
    Mohon infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah aman. Bawa penerangan ekstra mas, jaket yg tebel. Coba berhenti dulu sekitaran nongkojajar bila ragu, sepagi itu biasanya ada barengan arah yg sama

      Delete
  20. naik motor vario kesana kira kira kuat gak mas? trus kira2 budget yang keluar berapa? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuat insya Allah mas, sebelum berangkat pastikan dulu motornya kondisi prima mas, dan spare ban cadangan buat jaga2.
      Biaya utk masuk kira2 50rb perorang
      semoga membantu

      Delete
  21. rencana mau ke bromo nih brdua aja dr malang hari jumat, aman gak ya tkutnya daerah nangkojajar itu rawan begal,
    ada tips? tkutnya gak ada rombongan yg ke bromo mengingat hari jumat bukan sabtu/minggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh yg saya dengar belum pernah ada kejadian wisatawan ke bromo dibegal. Pagi meski ga ramai ,ada lalulalang petani. Daerah sekitaran nongkojajar hingga bromo merupakan salah satu penghasil sayur2an

      Delete
  22. Keren gan

    mampir juga yang ga mau repot, segalanya diurusin tinggal duduk manis

    Bromo murah

    ReplyDelete
  23. mau tanya gan kira-kira pas nginep di losmen penduduk bayarnya berapa ya ? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk harga dengar2 sekitaran 100-400rb

      Delete
  24. Utk motor beat kuat ta gan?
    trus bbm e gmn full dr nongkojajar ngisi lg g?
    apakah ada yg jual dlm rute tsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuat kalo yg naik ga gede2 amat, hehehe
      di nongkojajar ada om pom bensin terakhir setelah pasar

      Delete
  25. rekeasi yang menantang
    wisata bromo the adventure tour
    makasih infonya

    ReplyDelete
  26. Matur nuwun..sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  27. punya tracklog gps nya nda mas?
    bisa sekalian di upload biar jelas liat di peta
    maturnuwun

    ReplyDelete
  28. Mas .. Mohon info ding nomer sewa jeep yang bisa di hub .. Sya rencana malam ini mau sewa jeep .. Dr batu via nongko jajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas g punya, diatas ada komentar berisi nomor , sapa tahu bisa membantu utk jeep :)

      Delete
  29. Mas apa kabar? mau nanya nie...saya sekeluarga rencananya dari jakarta pake mobil ke jawa timur (toyota tush matic), lewat probolinggo. nah ketika sudah sampai di lokasi paling atas (namanya cemoro lawang kah? yang ada cafe lodge view hotel?) kalo mau ke malang, bisa kah lewat nongkojajar ini? apa bisa dilewati buat mobil yah saat ini? Mohon infonya ya Mas, suwun.

    -dodi-

    ReplyDelete
  30. Mas kira2 berangkat ke bromo lewat nongkojajar aman gak yaa? Berangkatnya jam 2 malem gituu? Takutnya ada hal2 yg gak di inginkan

    ReplyDelete
  31. ==>>> Salam kenal, Salam petualang, Salam persaudaraan. *Infonya mantav, Next step for up to date yaah,mas bro. (y) \m/ ((( Follow my Path/Ig/Twitter : OM696ZHEBITH #XPDCMETALWOLF #ADVENTURO_DISTORSIA ))) \m/

    ReplyDelete
  32. Ayook gan...sabtu besok 3sept ke bromo... mungkin ada yg bareng2 gitu... naik motor.. lewat jalur ini... rencana ber2 aja...

    ReplyDelete
  33. Besok mlm tgl 3sept mau kbrkmo. brngkat dr kediri enkn lwt mlang atau psuruan ya? Lbih aman mn. Soalny cm brdya.. mungkin ada yg brngkat bs breng2.. hehe

    ReplyDelete
  34. Besok mlm tgl 3sept mau kbrkmo. brngkat dr kediri enkn lwt mlang atau psuruan ya? Lbih aman mn. Soalny cm brdya.. mungkin ada yg brngkat bs breng2.. hehe

    ReplyDelete
  35. Mas mau nanyak, kalo berangkat ke bromo jam 3 pagi lebih enak lewat nongko jajar apa pasuruan yaa naik motor boncengan berdua saja, lebih aman lewat mana ?

    ReplyDelete
  36. Mas, ada nomor hp yg bisa saya hubungi? Saya mau tanya2 lebih mas

    ReplyDelete
  37. Agan2 Ada yang mau berangkat ke bromo dari malang gak?start jumat 20/01/17 jm 00,kalau ada kabarin (081282077839) yah saya b2 an doang naik motor soalnya,thanks gan

    ReplyDelete
  38. Agan2 Ada yang mau berangkat ke bromo dari malang gak?start jumat 20/01/17 jm 00,kalau ada kabarin (081282077839) yah saya b2 an doang naik motor soalnya,thanks gan

    ReplyDelete
  39. mau nanya sam, kalo pengen liat view sunset bisa ga ya disana? dan disana dimana aja yg dikenakan biaya? mohon jawabannya, makasih yo sam.

    ReplyDelete
  40. adakah yang ingin bertualang bareng tanggal 8-2-17 ? naik motor dari malang. saya bertiga rencana ke bromo.

    ReplyDelete
  41. gan mau ke bromo tanggal 3 maret 2017 ada yg mau bareng kah? Star Dr malang kota Hub: 085694529917

    ReplyDelete
  42. mas ada WA or Line gak? Saya mau tanya2 agak detail ni hehe

    ReplyDelete
  43. Ada gak ya yang mau ke bromo bulan november depan ini..mau cari barengan karena kita hanya berdua... Enak klo rame2... Klo ada hub wa saya ya 085708444439

    ReplyDelete
  44. Mas untuk mobil pribadi jalurnya sama gak? Dan untuk penginapan di jalur itu biasanya daerah mana ya mohon infonya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalur sama, lewat nongkokjajar sama pasuruan atau probolinggo. Kalau ingin lebih nyaman lewat probolinggo, di situ ada beberapa hotel. Kalau di nongkojajar pasuruan adanya penginapan rumah penduduk

      Delete
  45. Mas untuk mobil pribadi jalurnya sama gak? Dan untuk penginapan di jalur itu biasanya daerah mana ya mohon infonya trimakasih

    ReplyDelete
  46. apakah jalannya terjal untuk ke bromo?

    ReplyDelete
  47. Kisaran tarif penginapan di area sekitar tosari brp bang?

    ReplyDelete
  48. Klok lewat nongkojajar cman berdua aman ya agan, mohon infonya dan petunjuknya, soalnya gak tau jalan agan,yg mau bareng sabtu bzk bisa bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, ayuk brangkat barengan dr malang . . . Wa di 081252498284 ya . .

      Delete
  49. Ada yang brangkat jm 1 pagi ini ga dr mlng lewat nongkojaja,, kebetulan aku sama istri ga tau jalan naik motor ber2 aja . . . Takut nyasar dan takut begal . . .

    ReplyDelete
  50. Bro sist , ada yg mau ke bromo dr malang 17 agustus 2018 ga ya ?
    Aku mau bareng krn blm tau jalan & takut begal krn berdua saja.

    ReplyDelete