Kampus Baru STPP Malang

STPP adalah Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian. Sekarang ini letaknya di Lawang, di Bedali.
Sebelum di Lawang, sekolah ini dulunya menempati areal lahan yg sekarang dipakai perumahan Ijen Nirwana. Dulu orang menyebutnya 'Lambau'  ,dari bahasa belanda 'landbow' atau pertanian. 
Nama STPP sebelumnya  adalah SPMA. Di Lawang, STPP menempati lahan yg luas, dan penuh tanaman hijau layaknya lambau di jaman dulu.
Oke, sekarang kabar gembiranya, ternyata areal lahan yg selama ini dikira akan dibangun perumahan, terutama yg berbatasan dgn jalan IR Rais / Ikhwan Ridwan Rais Tanjung, ternyata dibangun kampus baru STPP Malang. Saya baru mengetahuinya sore ini tadi tanpa sengaja, saat berbelanja ke pasar mergan.
Saat melewati gerbangnya, tengok2 kok bagus ada gedung baru , maka saya segera masuk, dan inilah gedungnya


Sebelum menjadi perumahan, areal ini dulu layaknya hutan eksotik di tengah kota. Berjejer sawah , perkebunan,  lapangan rumput hingga pohon2 raksasa menjadikan Lambau merupakan area bermain, klayapan, berpetualang,mancing, dolanan warga tanjung, mergan, bareng dan sekitarnya. Luasnya area ini dan penuhnya tanaman yg berkembangbiak, bersanding dgn banyaknya spesies fauna seperti ular.
Sungguh kembalinya STPP menempati area ini meski tidak terlalu luas, merupakan angin surga, kabar fantastis bagi saya pribadi.
Utk itu saya summon warga bareng, tanjung, ir rais, mergan yg mempunyai kenangan dgn Lambau

Duhai STPP, kok baru skrg sih kembali ke rumah ?
Salah satu pohon berumur tua yg masih bertahan. Penataan kampus yg baru ini terlihat cukup rapi, segar dan sejuk. Ada jalur akses dari jalan Ijen Nirwana di samping gedungnya.

Nah ini jg merupakan angin surga 
Ternyata sudah difungsikan kembali menjadi area praktek bertani oleh mahasiswanya , tinggal menunggu sawahnya dibuka kembali, dan sungai yg mengalir di tengah, hehe.
Sore ini tadi sudah tampak beberapa warga yg bernostalgia mengajak anaknya bermain2, dan sekedar berjalan2 di sekitaran STPP.
Saya juga melihat beberapa kerbau , apa mahasiswa STPP masih memakai kerbau utk membajak? kan sudah ada 'quick'.. hehehhe

Semoga kampus STPP 'reborn' ini akan kembali ramah kepada warga sekitar seperti dulu, hehe
yakin tempat ini akan kembali menjadi favorit, tempat penuh kenangan.. dan semoga kampusnya melahirkan tunas2 bangsa yg unggul , mengabdi utk negeri sepenuh hati.

Foto Lambau Jaman dulu berikut puisi beliau , dari blog pak Kartawiyana 

" LAMBAU RUMAH JIWA KITA "

Lambau adalah salah satu paru-paru kota malang yang tinggal kenangan....
Kemanakah pohon jati itu.......
Kemanakah kebun karet itu.....
Kemanakah kebun coklat itu......
Kemanakah kebun kopi itu......
Dan.......
Habitat alam.... yang terjaga berbilang ratusan tahun....
sirna..... sirna...... sirna.......
Ingat.... wahai sang penguasa.....  dari sini pula lahirnya..... pejuang bangsa....
Alumni sekolah pertanian yang ikut andil pula dalam mempertahankan ibu pertiwi......
Mereka gugur...... demi kemerdekaan negri ini..........
Ketika.....
Kemerdekaan itu telah tercapai.....
Alumni masih menyumbangkan darma baktinya bagi ibu pertiwi
Sektor pertanian tahap demi tahap telah bertumbuh kembang......
Tidakkah kau lihat manfaatnya.......
Kini jaman telah berganti..........
mengapa engkau merampasnya.......
tidakkah kau masih punya rasa malu....
atau.....kah..... memang tidak punya malu......

12 comments:

  1. Namun sayang......sejak diresmikan Desember 2013 belum difungsikan sebagai tempat perkuliahan hingga saat ini.

    ReplyDelete
  2. Alhamdullillah...tempat ini di rehab lagi. Sudah lama aku tinggal & jadi warga di Jakarta. Aku sdh melalang kemana2. Namun tak bisa kupungkiri bahwa hati dan pikiranku masih tertanam di tempat ini LAMBAU. Tempat ini bagaikan segala2nya bagiku sewaktu kecil, hampir full hari2 ku di tempat ini. Setiap harinya pd jam 05:00, aku datang ke peternakan sapi susu untuk beli susu murni. Sepulang sekolah aku dkk sering main ke hutan JATEN, main ketepel, cari burung, kadang cari ikan & belut di kali Sendok. Bikin bola dari getah karet, tak jarang ambil dan makan buah cokelat diam2 di kebun alias nyuri. Banyak dan banyak lagi kenangan di sini and unforgettable.... Karena kenangan itu sering menghantuiku, beberapa waktu yg lalu aku sempatkan datang ke Lambau bersama anak2ku dg maksud bernostalgia & berbagi cerita ke anak2 ku.....Namun...aku langsung sedih & nangis saat melihat bangunan SPMA tinggal reruntuhan dan telah dikelilingi real estate Ijen Nirwawan. Tapi sedikit kangenku terobati saat melihat bbrp tempat & pohon lama masih ada di sana. Bersyukur kalo sekolah ini akan didirikan lagi, semoga Lambau hidup kembali...Amin

    ReplyDelete
  3. Ojolali mas, Reuni Akbar tgl 16 Mei 2015 ndik Tanjung

    ReplyDelete
  4. Ojolali mas, Reuni Akbar tgl 16 Mei 2015 ndik Tanjung

    ReplyDelete
  5. Monggo yang ingin wisata atau sewa mobil di Malang.
    Sewa Mobil Malang
    Sewa Mobil Hiace Malang

    Semoga blognya tambah ramai.
    Terima ksh.

    ReplyDelete
  6. Lambau menyimpan banyak kenangan buat saya, tempat berolahraga saat masih SD trus juga berpetualang di hutan kecilnya. Nggak tahu kenapa kok kampusnya masih belum aktif hingga sekarang.

    ReplyDelete
  7. terakhir kesana tahun lalu, menemui Pak Aji salah satu staff. Area luas dan sejuk benar-benar membuat betah, apalagi kalo siang panas plus angin sepoi-sepoi ..

    ReplyDelete